Beberapa Kisah Motivasi Hidup


-1
-1 point
Beberapa Kisah Motivasi Hidup

Kisah Motivasi Hidup

Hidup yang ktia jalani di dunia sesungguhnya memiliki kisah tersendiri, kita mengalami hal yang paling pahit hingga yang paling manis. Tapi pernahkah anda berpikir bahwa kisah orang sukses bisa kita jadikan sebagai Kisah motivasi hidup? Beberapa orang juga mempunyai kesulitan di dalam hidup mereka sendiri, dan siapa yang tahu bahwa beberapa kisah motivasi hidup ini bisa menjadi jawaban dari kesulitan yang anda alami. Berikut ini adalah Beberapa Kisah Motivasi Hidup yang ingin kami bagikan kepada para pembaca.

Beberapa Kisah Motivasi Hidup

1. Kentang dan Biji Kopi

Pada suatu hari, ada seorang anak perempuan yang mengeluh terhadap ayahnya bahwa hidupnya sengsara dan bahwa dia tidak tahu bagaimana dia akan berhasil. Ia lelah berjuang dan berjuang sepanjang waktu. Tampaknya cuma salah satu dari masalahnya yang dapat dia selesaikan, kemudian keadaan sulit yang lainnya langsung menyusul untuk dapat dituntaskan.

Ayahnya yang juga seorang koki membawanya ke dapur. Ia mengisi tiga panci dengan air dan menaruhnya di atas api yang besar. Setelah tiga panci yang berisi air tersebut mulai mendidih, dia memasukkan beberapa kentang ke dalam sebuah panci, beberapa telur di panci kedua, dan biji kopi di panci ketiga.

Kemudian dia duduk dan membiarkan ketiga panci tersebut di atas kompor hingga mendidih tanpa berkata sepatah katapun kepada putrinya. Putrinya mengeluh dan tak sabar menunggu, bertanya-tanya apa yang telah ayahnya lakukan.

Setelah dua puluh menit, dia mematikan kompor tersebut. Ia mengambil kentang dari panci dan menempatkannya ke dalam mangkuk, Ia mengangkat telur dan meletakkannya di mangkuk.

Kemudian dia menyendok kopi dan meletakkannya ke dalam cangkir. Lalu dia beralih menatap putrinya dan bertanya, “Nak, apa yang kau lihat?”

“Kentang, telur dan kopi” jawab putrinya.

Baca Juga : Kata Kata Bijak Bahagia

“Lihatlah lebih dekat dan sentuh kentang ini” kata sang ayah.

Putrinya melakukan apa yang dipinta oleh ayahnya dan mencatat di dalam otaknya bahwa kentang itu lembut.

Kemudian sang ayah memintanya untuk mengambil telur dan memecahkannya. Setelah membuang kulitnya, dia menerima sebuah telur rebus. Kemudian sang ayah memintanya untuk mencicipi kopi, dan hanya kopi lah yang mampu membuatnya tersenyum.

“Ayah, apa artinya semua ini?” Tanyanya.

Kemudian sang ayah memberitahu bahwa kentang, telur dan biji kopi masing-masing telah menghadapi kesusahan yang sama, yaitu air mendidih.

Tapi, masing-masing memperlihatkan reaksi yang berbeda.

Kentang itu kuat dan keras, tapi ketika dimasukkan ke dalam air mendidih, kentang yang semula keras menjadi lunak dan lemah. Sedangkan telur sangat rapuh, dengan kulit luar tipis yang melindungi bagian dalam telur yang cair hingga dimasukkan ke dalam air mendidih hingga bagian dalam telur menjadi keras. Tapi, biji kopi lah yang paling unik. Setelah biji kopi terkena air mendidih, biji kopi merubah warna air dan menciptakan aroma yang harum di air tersebut.

“Lantas kamu termasuk yang mana nak?” tanya sang ayah terhadap putrinya.

“Ketika kesusahan mendatangimu, bagaimana caramu dalam menghadapinya? Apakah kamu merupakan sebuah kentang, telur atau biji kopi?”

2. The Elephant Rose

Ketika seorang pria berjalan melewati sekumpulan gajah, ia tiba-tiba berhenti. Ia bingung dengan fakta bahwa makhluk-makhluk besar itu sedang diikat hanya dengan sebuah tali kecil yang terikat pada kaki depan mereka. Tidak ada rantai, tidak ada kandang. Jelas sekali bahwa gajah bisa melepaskan diri dari ikatan mereka kapan saja. Tetapi entah untuk beberapa alasan, mereka tidak melakukannya.

Dia melihat seorang pelatih di dekatnya dan bertanya kepada pelatih tersebut. “Mengapa hewan-hewan itu hanya berdiri di sana dan tidak berusaha untuk melarikan diri?”

“Yah, ketika mereka masih sangat muda dan jauh lebih kecil, kami menggunakan ukuran tali yang sama untuk mengikat mereka. Dan, pada usia tersebut, tali itu sudah cukup untuk menahan mereka. Saat mereka tumbuh dewasa, mereka dikondisikan untuk percaya bahwa mereka tidak dapat melepaskan diri. Mereka percaya bahwa tali tersebut masih bisa menahan mereka, sehingga mereka tidak pernah mencoba untuk membebaskan diri. ” Begitu penjelasan dari pelatih gajah tersebut.

Pria itu kagum. Hewan-hewan ini bisa saja setiap saat membebaskan diri dari ikatan tali mereka. Tetapi karena mereka percaya bahwa mereka tidak bisa, mereka terjebak tepat dimana mereka berada.

Seperti gajah, berapa banyak dari kita yang menjalani hidup tergantung pada suatu keyakinan bahwa kita tidak bisa melakukan sesuatu, hanya karena kita gagal sekali sebelumnya?

Kegagalan adalah bagian dari pembelajaran. Kita tidak boleh menyerah untuk berjuang di dalam hidup anda.

3. Kisah Seorang Pengusaha Muda Yang Sukses Dan Kaya Raya

Suatu ketika, ada seorang pengusaha muda yang sukses dan kaya raya terpaksa harus menghadapi ajalnya karena kanker kulitnya yang parah akibat sensitivitas tidak normal terhadap sinar matahari.

Sebelum meninggal, kepada dua anaknya yang masih belia ia berpesan, “Ayah akan mewariskan seluruh kekayaan dan usaha ini pada kalian berdua. Ayah hanya memberi dua pesan utama agar kalian sukses dan kaya raya seperti Ayah tapi bisa menikmatinya lebih lama.”

Suasana hening.

“Pertama, jangan biarkan sinar matahari menyinari kulitmu secara langsung terlalu lama, karena mungkin gen kanker kulit ini menurun pada kalian.”
Suasana makin hening.

“Kedua, dalam bisnis, jangan pernah menagih utang pada pelanggan.”

Setelah memberi pesan tersebut sang ayang meninggal, tanpa sempat memberi penjelasan yang lebih banyak. Kedua anak tersebut berjanji akan memenuhi permintaan ayah mereka.

Kemudian kedua anak tersebut dibesarkan oleh ibunya.

Setelah cukup umur, sang ibu memberi keduanya usaha yang diwariskan ayah mereka.

Sepuluh tahun kemudian, salah satu anak menjadi anak yang sangat kaya raya, sedangkan satu lagi bangkrut menjadi sangat miskin.

Sang ibu akhirnya bertanya, kenapa salah satu menjadi miskin sedangkan yang satu menjadi kaya. Padahal keduanya memegang teguh nasihat ayah mereka.

Baca Juga : Motivasi Kerja Agar Sukses

Jawab anak sulung:

“Inilah karena saya mengikuti pesan Ayah. Ayah berpesan bahwa saya tidak boleh menagih utang kepada orang yang berutang kepadaku, dan sebagai akibatnya modalku susut karena orang yang berutang kepadaku tidak membayar sementara aku tidak boleh menagih. Juga Ayah berpesan supaya kalau saya pergi atau pulang dari rumah ke toko dan sebaliknya tidak boleh terkena sinar matahari. Akibatnya saya harus naik becak atau andong. Sebetulnya dengan jalan kaki saja cukup, tetapi karena pesan Ayah demikian maka akibatnya pengeluaranku bertambah banyak.”

Kepada anak bungsu yang bertambah kaya, ibu pun bertanya hal yang sama. Jawab anak bungsu:

“Ini semua adalah karena saya menaati pesan Ayah. Karena Ayah berpesan supaya saya tidak menagih kepada orang yang berutang kepada saya. Maka saya tidak memberikan hutang. Prinsip saya ada uang, ada barang. Supaya tetap kompetitif, saya memberikan harga paling murah dan layanan yang jauh lebih baik kepada pelanggan dibandingkan toko2 yang lain. Juga Ayah berpesan agar jika saya berangkat ke toko atau pulang dari toko tidak boleh terkena sinar matahari, maka saya berangkat ke toko sebelum matahari terbit dan pulang sesudah matahari terbenam. Akibatnya toko saya buka sebelum toko lain buka, dan tutup jauh sesudah toko yang lain tutup. Sehingga karena kebiasaan itu, orang menjadi tahu dan tokoku menjadi laris, karena mempunyai jam kerja lebih lama.”

4. Setiap orang Memiliki Kisah Hidup

Seorang lelaki berusia 24 tahun sedang berada di kereta api bersama dengan ayahnya. Ia melihat keluar melalui jendela kereta api dan berteriak,

“Ayah, lihat pohon-pohon itu berjalan!”

Ayahnya tersenyum, namun pasangan muda yang duduk di dekatnya, memandang perilaku kekanak-kanakan lelaki yang berusia 24 tahun dengan kasihan. Tiba-tiba lelaki tersebut kembali berseru …

“Ayah, awan itu terlihat berlari mengejar kita!”

Pasangan ini tidak bisa menahan rasa risih mereka dan berkata kepada orang tua lelaki tersebut,

“Mengapa anda tidak membawa anak anda ke dokter ahli jiwa?” Orang tua itu tersenyum dan berkata…

“Saya sudah membawanya ke dokter, dan kami baru saja pulang dari Rumah Sakit. Anak saya buta sejak lahir, dia baru bisa mendapatkan donor mata dan baru bisa melihat hari ini”.

Setiap orang di dunia ini memiliki sebuah cerita tersendiri. Jangan menilai orang lain sebelum anda benar-benar mengenal mereka. Karena kenyataannya yang terjadi mungkin dapat mengejutkan anda.

5. Tupai Dan Semut Hitam

Alkisah di sebuah kota kecil ada seorang petani yang sedang duduk di tepi sawah. Dia duduk sambil memandangi sawahnya yang luasnya tidak seberapa itu. Disamping sawah tersebut ada juga ladang miliknya.

Di ladang tersebut, ia menanam pohon rambutan, pohon sirsak dan mangga. Hatinya sangat senang melihat pohon-pohonnya yang akan panen. Sambil menghitung berapa banyak buah yang akan dihitung dan keuntungan yang dia dapat, tiba-tiba ia melihat seekor tupai meloncat dari pohon satu ke pohon lainnya. Lalu, muncullah kesedihan dalam hatinya bahwa tupai akan merusak panennya tahun ini. Ternyata, wajah petani tersebut menggoreskan rasa haru pada semut hitam. Raja semut hitam yang melihatnya segera mengumpulkan pasukannya untuk mengusir tupai tersebut.

Jadi, semut hitam berbaris dari akar pohon yang paling bawah sampai batang pohon yang paling tinggi. Tupai yang melihat semut hitam berbaris langsung pergi dari pohon ladang tersebut. Konon, semut hitam adalah musuh dari tupai. Karena kekompakan semut hitam dan jumlahnya banyak, maka tupai tidak berani dengan semut hitam.

Petani tersebut lalu penasaran, mengapa tupai tersebut pergi dari ladangnya. Padahal, dia yakin tidak akan ada yang bisa menangkap tupai. Tupai adalah binatang yang sangat pandai dalam meloncat. Karena kepandaiannya itulah, banyak petani yang menjadi rugi karena buah panennya banyak di rusak oleh tupai. Lalu petani tersebut, mendekati pohon tersebut dan melihat semut yang berbaris di pohonnya.

Petani tersebut sangat bersyukur, karena semut hitam telah berhasil mengusir hama tupai dari ladangnya. Kisah ini mengingatkan bahwa sepandai-pandainya tupai meloncat, pasti akan jatuh juga. Tidak ada orang yang sempurna dalam dunia ini.

Itulah Beberapa Kisah Motivasi Hidup yang dapat kami bagikan kali ini, semoga dapat membantu ataupun memberikan inspirasi bagi para pembaca, terimakasih.


Suka? Share ke teman-teman anda!

-1
-1 point
adrianchen

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PIlih Format
Kuis Kepribadian
Deretan pertanyaan yang bertujuan untuk mengungkapkan tentang kepribadian
Kuis Trivia
Deretan pertanyaan dengan jawaban benar dan salah yang bertujuan untuk memeriksa pengetahuan
Polling
Voting untuk membuat keputusan atau menentukan opini
Cerita
Teks yang diformat dengan Embed dan Visual
Daftar
Daftar Artikel Klasik Internet
Hitung mundur
Hitung Mundur Klasik Internet
Daftar Terbuka
Kirimkan artikel anda dan vote untuk pengiriman terbaik
Daftar Ranking
Upvote atau Downvote untuk menentukan daftar artikel terbaik
Meme
Unggah gambar anda sendiri untuk membuat meme kustom
Video
Embed Youtube, Vimeo atau Vine
Audio
Embed Soundcloud atau Mixcloud
Gambar
Foto atau GIF
Gif
Format GIF